PANTAI TANJUNG PAPUMA



Papuma, Pantai Terindah di Jawa Timur  
  
    ( sumber : BARRY KUSUMA )
 
Jawa Timur banyak memiliki pantai-pantai yang eksotis. Salah satu di antara pantai yang eksotis ini adalah Pantai Papuma di Jember. Buat wisatawan yang pertama kali datang, pasti akan terkesima dengan kemolekan Pantai Papuma. Pantai Tanjung Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer arah selatan Kota Jember.
Dari kota Jember, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma, dikarenakan letaknya yang menjorok ke laut dan disebut sebagai tanjung.
Seperti yang kita ketahui tanjung adalah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan Papuma berasal dari akronim "pasir putih malikan". Malikan adalah nama yang diberikan oleh Perhutani setelah membuka lokasi wisata ini.

 ( sumber : BARRY KUSUMA )
 
Saat ini di kawasan Pantai Papuma banyak terdapat warung makan dengan menu aneka olahan seafood dan es kelapa muda. Harganya pun juga tidak terlalu mahal. Ada baiknya sebelum memesan hidangan, anda menanyakan terlebih dahulu harganya karena kalau tidak cocok bisa memilih warung makan lain.  
Jember mulai banyak dikenal orang karena Jember Fashion Carnivalnya. Tetapi tidak banyak yang mengetahui kalau Jember punya daya tarik lain seperti Pantai Papuma ini.
Jember berawal dari kota kecil yang menjadi kampung halaman para pegawai perkebunan tembakau dan kopi di daerah sekitarnya. Jember kini telah berevolusi menjadi kota kabupaten yang rapi dan lengkap. Jalan di dalam kota Jember sangat nyaman untuk dilalui becak dan mobil.

 ( sumber : BARRY KUSUMA )
 
Kualitas jalan yang baik terbukti dari jenis becak yang pendek dan rapi seperti halnya di kota berbasis cagar budaya, sehingga pengayuh tidak harus bersusah payah melaju di jalan raya. Taman kota dirapikan dan trotoar jalan dibersihkan. Akses ke dan dari Surabaya serta kota besar lainnya mudah dan cepat.

Sebagai salah satu kota kabupaten yang menjadi gerbang masuk ke berbagai tujuan wisata alam di Jawa Timur, memang Jember terlihat serius menyiapkan pariwisata daerahnya. Kawasan Pantai Papuma ini 5 tahun silam tidak terawat dan aksesnya sangat susah. Namun siapa sangka saat ini masalah infrastruktur mulai dibenahi.
Rasa puas akan terbayar ketika kita sampai di Pantai Papuma ini. Banyak batu besar dan landscape yang menawan. Ombak di sini termasuk besar dan agak berbahaya jika dipakai untuk snorkeling. Tipikal pantai-pantai selatan Jawa yang menghadap langsung Samudera Hindia ombaknya begitu besar. Tetapi yang perlu dicatat, pantai-pantai di sini sangat memanjakan mata.

Sebelum memasuki kawasan pantai, kita akan melewati wisata hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati. Selanjutnya setelah masuk gerbang area wisata kita akan melihat hutan yang dipenuhi pohon-pohon yang masih alami seperti palem, serut dan beragam pohon kecil lainnya. Konon hutan ini masih menyimpan berbagi macam flora dan fauna tropis, seperti berbagai jenis burung dan juga lutung yang bergelantungan di pohon.

 ( sumber : BARRY KUSUMA )
 
Setelah melewati hutan malikan, kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang bersih. Di sepanjang pasir putih sebelah barat terdapat perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar. Apabila ingin melihat nelayan turun dari kapal, datanglah antara jam 11.00 sampai 13.00. Kita juga bisa membeli secara langsung ikan hasil tangkapan nelayan untuk dibakar di pinggir pantai. Lebih praktis lagi, kita bawa saja ikan tersebut  ke warung-warung makan yang banyak terdapat di pinggir pantai untuk dibakar.

Yang menambah keindahan dan kecantikan pantai ini adalah karena banyaknya karang-karang, di mana jika sedang surut kita bisa melihat jelas karang-karang tersebut. Ada tujuh pulau karang di Papuma. Deretan pulau karang ini memiliki nama sendiri-sendiri yang diambil dari tokoh pewayangan seperti, Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kajang. Ada juga Pulau Kodok karena pulau karang ini bentuknya mirip dengan kodok raksasa yang timbul tenggelam di tengah laut.
Kita bisa memotret banyak angle yang bagus di kawasan pantai ini. Untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus, anda bisa menyusuri tepi pantai yang banyak terdapat karang-karangnya. Selain itu, anda bisa menaiki salah satu dari sekian banyak bukit karang di Pantai Papuma ini untuk mendapatkan view terbaik. Sungguh Pantai Papuma merupakan surganya para fotografer yang ingin mengabadikan kemolekan pantai.

Penginapan

Jika wisatawan ingin bermalam, di Tanjung Papuma terdapat beberapa villa yang disewakan oleh pengelola wisata dari pihak Perhutani. Harga penginapan bervariasi tergantung fasilitas yang tersedia, seperti kamar ber AC, single bed, kamar mandi dalam, TV dan beranda kecil. Tarif berkisar Rp 300.000 - Rp 400.000.

 ( sumber : BARRY KUSUMA )

Namun jangan khawatir, di tengah Kota Jember juga tersedia banyak penginapan. Salah satunya JC HOMESTAY, penginapan murah di tengah kota Jember. Anda bisa sambil berburu berbagai makanan khas kota ini.

Tarif penginapan bervariasi mulai dari Rp 75.000 per kamar non AC dengan fasilitas kamar mandi dalam dan LED TV. Tarif kamar sebesar Rp 100.000 ke atas sudah termasuk fasilitas AC, kamar mandi dalam dan LED TV. 

( Kompas.com )

0 komentar:

Posting Komentar